Senin, 22 Februari 2016

Eksklusif Dengan Direktur Utama PT Pelni Elfien Goentoro (2): RS Pelni Kini Sudah Kinclong & Untung Lho...


PT Pelni punya tiga anak perusahaan. Salah satunya adalah Rumah Sakit (RS). RS Pelni yang berlokasi di kawasan Petamburan, Jakarta Barat itu, kini kinerjanya semakin baik dan kinclong. 


Bagaimana kinerja RS Pelni saat ini?
RS Pelni sudah untung kok. Untung bersihnya sekitar Rp 18 miliar. Rencananya RS Pelni mau diperbesar lagi. Tapi equity-nya masih kecil. 
Untuk rumah sakit, kami menerapkan konsep green hospital, healing environmental. Semua kamar harus menghadap taman. RS Pelni saat ini melayani 70 persen pasien peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Seluruh Indonesia, belajar BPJS di RS Pelni lho... 

Penyelesaian administrasi di RS Pelni juga sangat cepat. Semua susternya pakai gadget tablet. Kalau ada dokter kasih kelebihan obat atau menyimpang, langsung dipanggil. 

Lama stay (rawat inap) pasien di RS tidak lebih 3,5 hari. Kalau kepanjangan, kami tanya, kenapa? RS Pelni juga punya fasilitas MRI, CT scan. Bahkan di ASEAN, RS Pelni tercatat sebagai rumah sakit yang memiliki tempat cuci darah terbanyak.***

Rajin Blusukan Dan Hobi Gowes Sepeda 

Elfien Goentoro adalah alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Kimia. “Lucu ya, teknik kimia ngurusin kapal ha...ha...ha...,” kata Elfien sambil tertawa lebar.

Sebelum masuk PT Pelni, Elfien pernah memegang anak perusahaan di Pertamina sebagai Komisaris. Pria asal Jawa Timur itu, juga pernah menjadi konsultan. Elfien yang bergelar MBA dari salah satu perguruan tinggi di Inggris itu, saat ini merupakan kandidat doktor di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung.
 
Apakah Anda sering blusukan untuk mengecek kenyamanan, keamanan dan fasilitas di kapal-kapal Pelni? 

Dibanding direktur yang sudah kerja bertahun-tahun di sini, mungkin saya lebih sering naik kapal dibanding mereka. Saya sudah bolak balik. Berkali-kali. 
 
Elfien hobi menggowes sepeda. Dia pernah naik kapal menuju Labuan Bajo dan turun di sana untuk gowes. Juga mengunjungi beberapa daerah lain. 

"Saya juga suka jalan kaki, dan sesekali golf, kalau ada yang mengajak. Penting untuk jejaring dan lobi,” ujarnya. 

Elfien juga mengaku suka nonton film action dengan keluarga. Sedangkan makanan favoritnya adalah masakan Jepang dan makanan khas Jawa Timuran.

“Prinsip saya pemimpin harus punya integritas. Apapaun dan bagaimanapun kapabilitasnya, tanpa integritas, amat disayangkan. Kita hidup harus bermanfaat untuk orang lain, agar hidup punya legacy," tegasnya.***



Artikel ini telah dimuat di
Harian Rakyat Merdeka
Edisi Senin, 22 Februari 2016





Tidak ada komentar:

Posting Komentar