Sabtu, 12 November 2016

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (1)

 “Saya Tak Bermaksud Membuat Luka Di Antara Kita....” 

            Upaya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membersihkan rumahnya, jadi berimbas ke rumah-rumah tetangga. Semua institusi, bahkan Presiden membentuk Saber Pungli. Operasi Sapu Bersih Pungli, dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Wiranto.

            Kepada Rakyat Merdeka, Budi Karya Sumadi menceritakan kisah operasi pemberantasan pungli di kementeriannya itu. Dia tak bermaksud membuat luka, di institusinya sendiri. Yang dilakukan adalah upaya shock therapy. Apabila setelah ini, masih ada pungli, Budi tak segan melakukan shock therapi lagi.

 Saya cerita sedikit ya. Saya bukannya mau membuat suatu luka di antara kitaSaya tidak bermaksud melukai temen-temen birokasiTapi, apa yang terjadi, ini jadi shock therapy. Ya sudah, cara lama jangan diteruskan. Ini zaman baru, kita serius kerja. Kalau masih kebangetan, dan begitu juga, ya mungkin perlu shock therapy dua tiga kali lagi.

 OTT itu terjadi, karena saya mendapat informasi itu. Saya terganggu. Bagaimana mungkin kita bekerja di sini, sementara di sebelah kantor terjadi praktek-praktek seperti itu. Marak sekali, calonya kayak gimanalah.  Saya lapor ke polisi, karena nggak punya pilihan. Saya ikutin kata hati saja. Tapi, intinya niat ingin memperbaiki. Saya kirim text ke Pak Tito (Tito Karnavian, Kapolri), masalah ini harus diselesaikan. 

 Saat hari OTT itu, paginya sempat bicara dengan Presiden, berdua saja. Tapi beliau hanya bicara soal bandara, pelabuhan. Nggak ngomongin tentang itu (pungli). Lalu, saya balik ke kantor. Saya sedang kumpulkan Pelindo 1, 2, 3 dan 4, karena banyak PR yang harus dikerjakan. Akhir rapat, Pak Tito whatsaap. “Ini ketangkap dua. Dan kelihatannya Presiden mau ke sana.” Wah, saya kaget. Dan 20 menit kemudian, Presiden sudah ada di kantor Kemenhub. Jadi, penangkapan itu menunjukkan, bahwa memang di laut banyak masalah dibandingkan direktorat lain. Di laut, izin dan uang banyak sekali, sehingga potensi (pungli) besar. Kalau darat, izin ya paling karoseri. Di udara, izin slot. Tapi sudah online.

             Lebih lengkap wawancara dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (2). ***

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar